Cara Memasarkan Bisnis Melalui Situs Web?

Pertanyaan “Cara Memasarkan Bisnis Melalui Situs Web” ditanyakan di quora dan dijawab oleh penulis dengan jawaban berikut:

Tingkatkan Kesadaran Terhadap Brand

Kalau kita bicara soal bisnis maka kita tidak akan lepas dari brand. Mau online ataupun offline brand ini adalah hal utama dalam bisnis. Dalam hal ini kita akan fokuskan pada pemasaran online, terutama melalui website.

Cara paling mudah dalam memperkenalkan web bisnis kita adalah mulai dari orang terdekat kita, yaitu saudara dan teman. Bagikan link web di Whatsapp grup keluarga, alumni sekolah, arisan, status fb, dan media sosial yang lain. Perlu juga untuk mengirim private message ke orang-orang yang dekat dengan kita, sembari meminta masukkan dari mereka. Tapi sebelum itu, pastikan website kita sudah terhubung dengan google analytics, untuk memantau kunjungan secara lebih detail.

Untuk artikel tidak perlu terlalu banyak, yang penting unik dan berkualitas. Selain secara rutin menambah jumlah artikel yang sesuai dengan kategori bisnis kita, memperbaiki atau mengoptimasi artikel yang sudah ada merupakan salah satu teknik SEO. Perhatikan juga sistem navigasi atau menu di web kita, buatlah semudah mungkin untuk pengunjung menemukan halaman-halaman yang penting. Jangan lupa memberi link atau tautan pada kata-kata yang mengandung keyword di artikel kita. Arahkan link tersebut ke halaman yang sesuai.

Buatlah pengunjung menemukan apa yang selama ini mereka cari. Bawa mereka mengikuti alur berpikir kita, mulai dari kenapa website ini hadir, keresahan atau permasalahan yang ingin diselesaikan sampai dengan solusi yang anda tawarkan.

Tentunya tujuan utama dari sebuah web bisnis adalah terciptanya closing. Perlu diingat bahwa closing berasal dari kata close yang bisa berarti dekat. Dalam hal ini kita wajib membuat calon customer merasa dekat dengan kita, dapatkan kepercayaannya. Jadi untuk postingan di media sosial jangan sampai hanya berisi tentang jualan, share artikel atau tips bermanfaat yang masih sesuai dengan kategori bisnis kita.

Optimasi website agar memiliki banyak pengunjung

Masih jawaban saya di quora, dengan pertanyaan yang lain. “Bagaimana caranya agar website pribadi kita memiliki banyak pengunjung?

Jawaban ini berdasakan pengalaman pribadi menjadi web developer selama 10 tahun. Tanpa memperhatikan jenis website pribadi anda apakah itu blog, portfolio, atau pun yang lainnya, yang paling penting adalah mendapatkan data analisa statistik pengunjung, tools yang bisa digunakan adalah google analytics dan google search console.

Dari google analytics, kita bisa mendapatkan data dari mana asal pengunjung, Apakah itu berasal dari mesin pencari, referral, media sosial, atau langsung menuliskkan alamat web kita di browser. Sedangkan google search console lebih detail dan khusus menampilkan hasil berdasarkan kata kunci pencarian di google.

Pada gambar di atas di sidebar sebelah kiri juga google ads, tapi sampai saat ini saya belum pernah menggunakannya. Saya lebih suka bermain SEO, Search Engine Optimization. Teknik SEO yang saya gunakan pun cenderung bermain di keyword yang memiliki persaingan rendah, tapi bisa memberikan efek yang cukup bagus.

Search Engine Optimization (SEO)

Algoritma mesin pencari terutama google, berkembang dengan pesat untuk memenuhi kebutuhan para pencari agar bisa menemukan konten sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu google memberi petunjuk utama dalam hal SEO bahwa “Konten adalah Raja”. Artinya kalau kontenmu bagus, unik, dan bisa memberikan sesuatu yang diinginkan oleh para pencari, maka halaman websitemu akan ditempatkan di posisi yang layak.

Jadi yang paling penting adalah membuat konten yang bermanfaat, ada yang bilang minimal 500 kata atau lebih, tapi menurut pengalaman hal ini tidak 100% benar, selama kontenmu sudah menjelaskan sesuai dengan kata kunci yang digunakan. Contoh kasus dengan mencari “isi ulang oksigen sidoarjo” bisa kita dapatkan laman okeoksigen berada di halaman 1. Dengan konten yang kurang dari 500 kata.

Update situs secara berkala, apapun jenis situs anda, akan lebih baik jika memiliki artikel-artikel yang menarik, coba perhatikan situs-situs besar, seperti lazada, tokopedia, gojek dll. Semakin sering website kita dikunjungi, semakin banyak halaman website yang dibuka, google akan semakin senang.

Apakah nama domain berpengaruh? tidak juga, saat ini algoritma google sudah semakin canggih, tidak serta merta kata kunci yang mengandung keyword akan ditempatkan di halaman satu. Contoh kasus, “makanan untuk diet sehat”, anda tidak akan menemukan domain makananuntukdietsehat.com bahkan di halaman 5 google.

Backlink, di paragraf sebelumnya saya kasih tautan atau link, ini yang dinamakan backlink, link yang berasal dari luar. Tidak semua link external ini akan diindex atau diperhitungkan oleh google. Google hanya akan mengindeks link yang berasal dari situs yang berkualitas dan bersifat “follow”.

Referral / Rujukan

Terkait dengan backlink, karena dari backlink ini lah yang nantinya akan memberikan rujukan ke situs kita. Walaupun linknya “nofollow”, tapi dengan komentar yang berkualitas di situs atau blog lain, bisa mendatangkan pengunjung ke website kita.

Sosial media adalah sarana gratis yang sering digunakan untuk mempromosikan website. Terlebih bila memiliki jumlah follower yang banyak. Untuk FB, lebih baik membuat fans page, undang teman-teman anda untuk menyukai dan mengikuti. Whatsapp, beritahu teman-teman anda, grup-grup tentang website anda, tetap ingat, pastikan konten atau isi website anda bermanfaat

“Web push notification” dan “email subscription” tambahkan kedua plugin atau modul di website juga bisa menjadi rujukan orang yang terdaftar.

Terlihat pada gambar intro di atas, bahwa website tidak teroptimasi dengan baik di media sosial. Sehingga referral dari medsos bahkan hampir tidak ada.

Langsung

Walaupun situs anda online, tapi brosur bisa menjadi alat untuk mengenalkan situs anda. Tambahkan QR code di brosur agar orang-orang bisa mengunjungi situs anda tanpa perlu ribet mengetik nama domain. Walaupun nama domain tidak cukup signifikan terhadap SEO, tapi nama domain yang unik akan memudahkan orang untuk mengingat.

Pilih nama domain yang tidak terlalu panjang, dan tidak perlu terpaku dengan .com, saat ini sudah banyak pilihan ada .id yang khusus untuk Indonesia, .me, .net, .info, .xyz, .pro, .online dan lain sebagainya. Seperti syariah.pro, vral.me, oksigen.club. Itu hanya contoh tidak perlu dikunjungi.

Iklan

Google mempunyai google adword untuk menampilkan situs anda sebagai iklan di mesin pencari google ataupun website lain yang bekerja sama sebagai penampil iklan yang disebut sebagai adsense. FB juga punya fb ads untuk mempromosikan situs anda.

Walaupun saya belum pernah memasang iklan, tapi dari beberapa rujukan yang pernah saya baca, kita harus berhati-hati dalam memasang iklan. Kata kunci yang kita bidik harus tepat, waktu penayangan, lokasi, dll. Karena walaupun tidak ada yang mengklik iklan, kita akan tetap dikenakan biaya setiap iklan kita tampil.

Kesimpulan

Beritahukan pada seluruh dunia, bahwa kamu punya website.
Tambahkan sedikit bumbu yang memancing rasa penasaran pada setiap artikel kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *